Dalam permendiknas No 41 tahun 2007 tentang Standar Proses dikatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menuai identitas mata pelajaran Standar kompetensi (SK) Kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu metode pembelajaran kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar dan sumber belajar.RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD dan Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP.
       Sedang RPP itu sendiri merupakan rencana yang menggambarkan cara dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar.RPP merupakan pedoman bagi seorang Guru ketika melaksanakan pembelajaran, seperti halnya skenario yang merupakan acuan dalam alur cerita sebuah Film, maka guru bertindak sebagai pembuat skenario pembelajaran sebagai sutradara sekaligus sebagai pemeran utama dalam pembelajaran tersebut.RPP dibuat untuk setiap KD untuk dapat digunakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Sementara itu menurut Saminanto,Spd.M.Sc (2010) untuk meyusun RPP yang aktif, inovatif,kreatif,efektif,dan menyenangkan ada hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
a. memahami kriteria siswa
b. mengenal siswa secara perorangan
c. memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.
d. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan          masalah
e. Menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
f. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
g. Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan
h. Mengembangkan aktifitas fisik dan mental
Adapun Sistematika  RPP PAIKEM adalah sebagai berikut :
                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                          Satuan Pendidikan :
             Mata pelajaran :
Kelas/semester :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi :
Kompetensi dasar :
Indikator :
I.      Tujuan Pembelajaran :
II.    Materi Ajar :
III.  Metode Pembelajaran
IV.  Kegiatan Pembelajaran
         Meliputi :
         Pendahuluan:
         Kegiatan Inti:
         Penutup:
V. Bahan / Sumber Belajar
VI. Penilaian
        Meliputi :
                          -  Prosedur Tes:
                          -  Jenis Tes:
                          -  Alat Tes: